Kreasi Karya Cipta – Indonesia adalah salah satu negara iklim tropis, dimana iklim tropis ini memiliki dua musim yakni: musim hujan, dan musim panas. Rata-rata suhu di wilayah iklim tropis tergolong tinggi serta tekanan udara yang condong lebih rendah.

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 1

Kelebihan wilayah tropis

Melimpahnya sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi sehingga Anda dapat menghemat listrik  pada waktu siang hari.

Kekurangan wilayah tropis

Intensitas curah hujan dan sinar matahari yang tinggi memiliki resiko dalam menyebabkan kerusakan pada kondisi bangunan. Karena itu Anda memerlukan jenis cat yang sanggup melindungi bangunan tempat Anda berteduh supaya tidak terjadi retakan ataupun pengelupasan dinding. Parahnya lagi dapat terjadinya pelapukan akibat bakteri, lumut, dan jamur.

5 Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis

Pemilihan cat rumah yang tepat dan berkualitas tidak selalu tentang nilai estetika saja, tetapi juga harus memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan serta cuaca. Jika Anda berencana untuk mengecat kembali bangunan rumah Anda, maka perhatikanlah hal-hal dibawah ini sebelum Anda menerapkannya.

1. Pemilihan Cat Primer atau Cat Dasar

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 2

Untuk menghasilkan daya lekat cat yang kuat serta melindungi dinding dari jamur, Anda bisa mengaplikasikan cat dasar (primer) terlebih dahulu. Sekarang ini sudah ada merk cat rumah yang komposisi pembuatannya mengandung cat primer, sehingga Anda dapat lebih hemat dan tidak perlu membeli dua jenis cat yang berbeda. Dan juga membuat proses pengecatan bangunan menjadi efisien.

2. Pemilihan Cat Eksterior untuk Ketahanan Cuaca

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 3

Bagian luar bangunan (eksterior) membutuhkan pengecatan dinding dengan formula khusus. Pilihlah cat yang membuat dinding tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim wilayah tropis. Bangunan akan tetap prima dan menghambat kerusakan dengan penerapan cat khusus eksterior.

3. Pemilihan Cat Interior untuk Kualitas Udara

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 4

Salah satu tips untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan adalah dengan menggunakan cat khusus interior. Perhatikan dan pilihlah cat interior dengan kandungan Volatile Organic Compounds (VOC) yang tinggi. Cat yang mengandung VOC tinggi dapat dibedakan dengan baunya yang cukup menyengat.

4. Pilah Jenis Cat untuk Bagian Bangunan lainnya

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 5

Perhatikan  bagian-bagian lain dari bangunan seperti: plafon, pintu, jendela, pagar rumah dst, karena bagian tersebut juga memiliki hak untuk dapat perlindungan dari cat yang tepat. Kenali material dasar bagian-bagian bangunan tersebut, jika terbuat dari besi atau logam maka gunakanlah cat anti karat. Apabila terbuat dari kusen atau kayu, maka pergunakanlah jenis cat kayu anti rayap dan anti air.

5. Pilih Warna Eksterior yang Menyejukan

Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis 6

Anda pasti sepakat bahwa tampilan cat eksterior rumah sangatlah penting.  Sudah seharusnya warna cat dipilih untuk mempercantik tampilan rumah. Karena itulah sesuaikanlah warna cat dengan konsep desain bangunan itu sendiri. Coba terapkan warna-warna sejuk sepeti: putih, abu-abu, coklat muda, tosca, dst untuk bangunan di iklim tropis.

Teriknya cahaya matahari juga harus dipertimbangkan dalam memilih warna cat bagian eksterior. Anda bisa menggunakan warna-warna terang untuk menciptakan suasana yang sejuk. Cat dekoratif berwarna terang juga bisa memantulkan panas cahaya matahari sehingga dapat meminimalkan serapan suhu panas.

Demikianlah artikel tentang 5+ Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis dan poin-poin yang Anda harus lakukan sebelum melakukan pengecatan pada bangunan rumah di wilayah iklim tropis. Selamat mencoba dan jangan sampai salah ya! Apabila Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pengecatan dinding rumah atau bangunan, Anda bisa menghubungi kami sebagai partner untuk memperindah tampilan bangunan atau rumah Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =