kreasikaryacipta.co.id – Untuk mengajukan jasa pengecatan atau menyewa tukang untuk mengecat rumah Anda, Anda harus tau apa saja yang diperhitungkan dalam mengestimasi harga/biaya jasa. Dikala mengestimasi biaya, perhitungkanlah hal-hal layaknya bahan baku, kekuatan kerja, dan unsur-unsur yang kurangi ongkos. Dikala mempekerjakan tukang cat, sebaiknya Anda juga seketika bertanya biayanya ke kontraktor tempatnya bekerja.

Cara Menghitung Biaya Pengecatan 2018
Cara Menghitung Biaya Pengecatan 2018

1. Ukur tempat prosesnya. Untuk memilih ongkos pengecatan atau harga yang hendak Anda keluarkan, ukurlah bidang dinding dan atap yang mau dicat ke dalam meter persegi. Seandainya Anda mengecat dengan menerapkan jasa orang lain, mintalah mereka menyediakan perhitungan pekerjaannya.

Namun kalau hal yang demikian tak tersedia, pakailah penggaris atau meteran untuk mengevaluasi panjang dan lebar zona proses. Sesudah itu, masukkan saja angka-angkanya ke dalam kalkulator untuk mendapat ukuran meter perseginya.

2. Kurangi tempat yang tidak dicat. Untuk rumah atau ruangan, tentu ada tempat yang tidak perlu dicat. Karenanya tempat hal yang demikian. Pintu, kusen jendela, dan profil kusen perlu dicat tapi daun jendelanya tidak. Jadi, ukurlah bidang daun jendela dan kurangkan dari sempurna tempat pengerjaan.

Normalnya, daun pintu luasnya 1,86 m2 sementara daun jendela 1,4 m2. Sebagai contoh, untuk ruangan seluas 65 m2 yang mempunyai satu pintu dan dua jendela, maka Anda harus mengurangkan 1,86 m2 untuk pintunya dan 2,8 m2 untuk kedua jendelanya sehingga sempurna area progresnya seluas 60,34 m2.

3. Hitunglah kuantitas cat yang dibutuhkan. Sekaleng cat (ukuran 2,5 liter) bisa digunakan untuk mengecat 27 m2. Karenanya, ruangan seluas 60,34 m2 sekitar bakal perlu dua kaleng cat dikarenakan 60,34 dibagi 27 hasilnya 2,23. Tetapi dikarenakan pengecatan yang baik selamanya dilaksanakan dua kali (dua lapis), Anda perlu membeli sekitar 5 kaleng cat untuk mengecat ruangan seluas 60,34 m2.

4. Hitunglah cost catnya. Sesudah mengenal jumlah cat yang diperlukan, hitunglah cost catnya. Tarif cat benar-benar diatur oleh warna dan kualitasnya.
5. Hitunglah ongkos materialnya. Kelengkapan apa saja yang udah Anda miliki dan yang masih semestinya Anda beli? Umumnya, untuk lakukan pengecatan Anda akan perlu koran bekas atau plastik, isolasi kertas, sealant, terpal, kuas atau rol cat, dan sekaleng cat dasar.

1 Comment

5+ Tips Memilih Cat Rumah Wilayah Tropis | KREASI KARYA CIPTA · November 15, 2018 at 4:12 pm

[…] Anda dapat lebih hemat dan tidak perlu membeli dua jenis cat yang berbeda. Dan juga membuat proses pengecatan bangunan menjadi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =