Teknik Cat Tekstur Dinding merupakan pengecatan tekstur yang membutuhkan ketelitian, kesabaran dalam mengecat warna dinding terutama membuat motif tekstur

Tekstur sebagai cat dasar pada dasarnya dihilangkan karena boros, karena dibutuhkan setidaknya 2 lapisan cat dasar, sebelum cat akhir diterapkan. Selain itu, jika permukaan cat selesai dikupas, warna cat akan didasarkan, umumnya putih.

Teknik Cat Tekstur Dinding

Cat tekstur paling baik diaplikasikan dengan sprayer. Ini karena semprotan dapat menghasilkan warna yang lebih baik. Artinya, tidak ada penumpukan komposisi pasir di bagian tertentu. Penyemprotan dengan semprotan juga membutuhkan waktu lebih lama, masih membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan alat.

Ada juga produsen yang membuat cat warna dari pasir berwarna. Untuk jenis yang ini, pasirnya sendiri sudah berwarna, jadi warna cat hanya untuk menguatkan warna pasir tersebut. Selain itu, produsen juga mencampur pasir berwarna ini menjadi bahan akrilik cair, sehingga dapat terlihat lebih mengkilap dan alami.

Melukis dengan roller sekilas memang terasa lebih cepat dan praktis. Namun, dalam praktiknya, mengaplikasikan cat tekstur dengan roller malah akan menghasilkan corak yang tidak merata. Garis vertikal akan muncul karena penumpukan pasir di sisi setiap tepi rol. Garis-garis ini sulit dihilangkan dan tidak bisa ditumpuk dengan pengecatan ulang.

Macam Teknik Cat Tekstur Dinding

Pengecatannya sendiri mempunya teknik yg lain dari umumnya, salah satunya butuh ketelitian dan kesabaran yg lebih dalam setiap proses pembentukannya. Adapun teknik-tekniknya antara lainĀ :

Sapuan Kuas

Teknik pertama, Anda bisa membuat dinding bertekstur dengan finishing dari sapuan kuas. Setelah tembok diberi plester dari adonan semen dan pasir, maka aplikasikan finishing yang mengandung semen acian.

Roll

Sebenarnya langkah kerja teknik ini mirip dengan teknik pertama, tetapi hasilnya akan terlihat berbeda. Usahakan adonan acian semen bersifat encer agar mudah meresap ke permukaan rol dan selanjutnya diaplikasikan pada dinding berplester

Sulur/Tali Air

Jika Anda ingin memiliki interior dengan sulur / tali udara, rahasianya disediakan untuk digunakan sebagai tekstur. Sebagai finishing, gunakan campuran semen dan pasir dengan komposisi semen lebih banyak daripada pasir.

Relief

Terinspirasi dari bangunan-bangunan kuno, saat ini ada banyak orang yang tertarik menghiasi dinding rumahnya dengan relief. Tersedia dua metode untuk membuat tekstur relief dinding ini.. Metode pertama adalah membentuk plesteran yang sudah menempel di dinding menjadi relief tertentu, selanjutnya dihalukan dengan acian. Sedangkan, metode kedua adalah membuat suatu bentuk relief pada batu alam, kemudian menempelkannya ke permukaan dinding.

Kamprot

Membuat dinding bertekstur menggunakan teknik Kamprot cukup mudah. Karena, Anda hanya perlu menerapkan plesteran kasar ke dinding bata, dan menjadi dinding bertekstur camprot. Metode ini digunakan untuk membuat dinding dengan nuansa alami seperti bongkahan tanah.

Batu Bata

Caranya adalah dengan membangun susunan bata dengan menjorok satu sama lain dan tidak dalam satu baris, untuk membentuk baskom dan gundukan di setiap pengaturan.

Teknik tesebut bisa diciptakan dengan lebih memperhatikan alur pengecatan tekstur ini, supaya hasilnya bisa memuaskan, enak untuk dilihat, dan berkarakteristik kalau cat ini cocok untuk segala tempat atau ruang.

Itulah beberapa penjelasan tentang teknik cat tekstur dinding bagi rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =