Panduan dalam memilih, menata, dan merawat kursi rotanRuang keluarga identik dengan suasana familiar, rekreatif, dan tempat untuk berkumpul bersosialisasi. Ruang keluarga ada yang dilengkapi sarana audio-visual. Untuk mendukung suasana rekreatif dipakai kursi rileks, atau semacam sofa bed atau chase lounge, dan ada pula yang dilengkapi puff atau ottoman.

Sofa dari bahan rotan atau bahan pengganti rotan seperti eceng gondok atau pelepah pisang menciptakan nuansa interior lebih alami, estetis, dan terkesan akrab. lnspirasi interior untuk keluarga ini dapat dikembangkan lebih megah, mewah, lapang, dan akrab dengan pemilihan jenis sofa atau kursi rotan yang besar untuk diterapkan pada ruang yang lebih besar lagi. Namun untuk membuat suasana ruang interior lebih indah ada Ada beberapa tips yang dapat dijadikan panduan di dalam memilih, menata, dan merawat kursi rotan. Pemilihan kursi rotan sebagai sarana interior sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas, gaya kursi, warna finishing, kain jok (bila ada), bentuk dan ukuran yang tepat, sentuhan ergonomis, dan berpola antropometris, baik secara fisik-fungsional maupun estetik-simbolik.

Keunggulan kursi rotan adalah gemulai bahan baku yang sangat lentur, mudah dibentuk, sifat alamiahnya yang cantik tropis, dan cenderung tampak lebih ringan dibandingkan kayu atau besi. Warna alami, guratan serat, dan pori-pori rotan juga menjadi daya pesona yang sangat sensasional. Karenanya, para perancang interior, dekorator memiliki banyak alternatif untuk menata interior rumah bila menggunakan kursi rotan.

Tip pemilihan dan penataan kursi rotan pada interior rumah

  • Kursi rotan modern minimalis dapat diterapkan pada berbagai gaya. Keunikan karakteristik bahan rotan yang sangat fleksibel itu dapat ditata pada interior dan arsitektur gaya modern, klasik, kolonial, ataupun eklektik.
  • Pilihlah jenis kursi rotan yang sesuai dengan fungsi interior agar dapat menunjang seluruh kebutuhan aktivitas pada ruang tersebut.
  • Perhatikan bentuk fisik, kualitas warna finishing, jenis anyaman, kualitas bahan, ukuran ergonomis-antropometris, konstruksi lilitan rotan, kekuatan, dan proporsi kursi rotan, agar pilihan desain kursi sesuai harapan.
  • Bila kursi rotan ingin digunakan pada interior rumah, pilihan bijak adalah bahan rotan alamiah untuk kursi makan, kursi tamu, sofa, lounge, dan kursi teras, kursi keluarga.
  • Tanyakan jenis rotan alamiah yang digunakan. Kursi rotan yang berkualitas menggunakan jenis rotan manau.
  • Perhatikan kualitas finishing  Pada umumnya menggunakan politur natural, stain warna coklat tua, grey wash, white wash, atau green wash. Kursi rotan ada juga yang menggunakan cat duco atau cat tekstur solid warna putih atau hitam.
  • Tanyakan apakah desain kursi rotan diciptakan sendiri (orisinal), meniru dari buku/majalah, atau dibuat berdasarkan pesanan orang asing (ekspor).
Demikian artikel pada segmen”Tip Menata Interior Rumah dengan Kursi Rotan” ini. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − seven =