Tempat shalat bukan hanya perlu memenuhi syarat bersih, tapi juga “hening”, karena dengan keheningan dapat membantu membangun konsentrasi. Hal yang sangat dibutuhkan ketika kita ingin berkomunikasi dan berserah diri pada Yang Kuasa.

Membuat ruang yang hening bisa berarti memisahkan ruang tersebut dari ruang-ruang lain di dalam rumah. Akan tetapi lahan yang sempit membuat hal ini tak mudah dilakukan. Void, mungkin jadi satu alternatif yang bisa dipertimbangkan.

Void adalah ruang kosong yang menjadi penghubung lantai 1 dan lantai 2 pada rumah bertingkat, Membuat satu lantai di area void untuk shalat berarti mendapatkan satu ruang yang terpisah tanpa harus mengorbankan ruang lain. Lantai yang dibuat lebih tinggi dari lantai ruang lainnya, membuat ruang shalat ini disucikan. Tangga menjadi pintu gerbangnya, dan jajaran tiang yang membentuk railing menjadi pagar area suci ini.

Langit-langit yang kemudian menjadi rendah karena efek peninggian lantai, justru menciptakan suasana teduh yang hangat. Keteduhan yang membawa suasana damai dalam hati. Terasing di Void

Void menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan untuk ruang sholat
Ruang apapun sebaiknya tetap memiliki jendela. Termasuk ruang shalat. Sirkulasi udara dan pencaliayaan yang baik membuat ruang menjadi lebih bersih dan sehat.
Void menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan untuk ruang sholat
Untuk mempertegas fungsi ruang shalat bisa dilakukan dengan pengolahan plafon. Gunakan metode drop ceiling (langit-langit direndahkan) atau gunakan border berupa lis kayu di atas ruang shalat.
Void menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan untuk ruang sholat
Meninggikan lantai ruang shalat di area void, selain mensucikan ruang shalat, juga membuat void tidak lantas tertutup rapat. Jajaran tiang kayu yang menjadi balustrade tetap memungkinkan komunikasi antara lantai 1 dan lantai 2.

Demikian artikel pada segmen “Void Sebagai Ruang Sholat Hening” ini. Semoga bermanfaat.

sumber :  http://rumahidaman87.blogspot.com


Categories: Tips dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + nine =